jump to navigation

Pemerintah harus mewaspadai serbuan produk cina yang masuk secara illegal paska pemberlakuan perdagangan bebas 2010. Januari 9, 2010

Posted by sonasnews in berita utama, Sonas News Today.
trackback

Ketakutan sebagian kalangan Industri di Indonesia akan membajirnya produk – produk dari luar paska pemberlakuan perdagangan bebas Afta 2010 harus mendapat perhatian serius, baik  pemerintah pusat maupun daerah. Selama ini produk cina yang dikenal lebih murah dibanding produk lokal, dianggap menjadi pangkal persoalan, padahal jika dibandingkan dari segi kualitas, produk buatan anak negeri tidak kalah dengan cina.  Penasehat DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia APINDO Antony Hilman mendesak pemerintah pusat maupun daerah untuk mengembangkan perekonomian sektor kecil dan menengah.  Karena menurut Antony disanalah yang paling rentan terkena dampak perdagangan bebas.  Kondisi modal kecil dan kemampuan yang kurang harus terus dibina melalui program program pro UKM, melalui pelatihan-pelatihan dan pemberian pinjaman lunak.  Ditambahkan Antony Hilman disamping membekali pengusaha kecil, pemerintah juga harus mewaspadai masuknya produk cina melalui jalur illegal karena jika sudah masuk pasar dalam negeri, akan sulit dipantau dan dikenadilikan.  Begitu pula dengan mental aparatur di daerah, terutama di pelabuhan kecil perbatasan  negara tetangga harus dipantau, sebab banyak terindikasi memasukan produk illegal.


Pengawasan masyarakat yang cerdas dalam membeli juga dihimbau Antony Hilman untuk dapat mencegah produk yang tidak baik masuk ke Indonesia. Disinilah peran Lembaga Konsumen Indonesia untuk memberi perlindungan sebab selama ini banyak produk cina yang mengandung melamin dan zat kimia berbahaya lainnya. Setiap produk yang masuk ke Indonesia mutlak memasang loga SNI untuk dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat luas.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: