jump to navigation

Pemerintah Kabupaten Bogor akan menyarankan pemakaian sepatu hitam untuk melindungi UKM dari serbuan produk Cina. Januari 27, 2010

Posted by sonasnews in berita utama, Sonas News Today.
trackback

Persetujuan Asean China Free Trade Agrement – ACFTA terus dibahas bahkan di pelosok daerah. Kabupaten Bogor sebagai daerah yang mempunyai potensi UKM yang besar harus cepat mengantisipasinya, sebab mau tidak mau harus menerima kondisi itu. Selama ini sebagian pengusaha kecil menganggap  produk negeri tirai bambu sebagai pesaing utama sebab dengan harga murah tetapi kualitas standar mampu menjaring konsumen.

Salah seorang pengrajin sepatu Ciomas Syarif Hidayat mengaku kesulitan dalam permodalan dan distribusi barang hasil karyanya. Sehingga meminta Pemerintah Daerah ikut memikirkan nasib pengrajin.

Menanggapi keluhan itu Bupati Bogor Rahmat Yassin mengatakan ACFTA tidak bisa ditunda pelaksanaannya sebab akan merusak citra Indonesia di mata Internasional. Namun melihat kondisi bahwa sudah banyak pengrajin sepatu beralih profesi sebagai penjual produk Negeri Tiongkok. Jika hal itu dibiarkan maka bisa berdampak buruk bahkan penyebab kebangkrutan. Menurut Rahmat Yassin untuk mensiatinya maka pihaknya menyarankan pemakaian sepatu buatan Ciomas, untuk merangsangnya pemkab Bogor akan membeli 21ribu pasang sepatu untuk pegawai negeri sipil. Selain itu kata Rahmat Yassin akan melakukan proteksi pasar artinya akan menciptakan market tersendiri untuk produk buatan anak Kabupaten Bogor.

Untuk mengatasi permodalan dan peningkatan kualitas maka akan digulirkan program kredit lunak dan pelatihan serta pembinaan untuk 70 ribu UKM agar mampu menjawab tantangan perdagangan bebas.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: