jump to navigation

Terkait polemik arah kiblat , MUI Kabupaten Bogor menghimbau masyarakat tetap tenang dalam beribadah Juli 14, 2010

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Persoalan arah kiblat kembali mencuat setelah MUI pusat merevisi arah kiblat dari Barat ke Barat Laut. Seperti diberitakan sebuah media online nasional pagi kemarin, Ketua Bidang Fatwa MUI Pusat Ma’aruf Amin menjelaskan setelah dicek kembali ternyata Indonesia tidak berada tepat di timur Kabah sehingga arah kiblat juga bukan di Barat tetapi agak miring ke Barat Laut. Berdasarkan hal itu, seluruh masjid harus menata ulang arah kiblat agar sesuai dengan posisi kabah. Menanggapi fatwa itu Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Ahmad Mukriaji mengatakan pergeseran arah kiblat sangat mungkin terjadi karena adanya gempa bumi dan pergerakan lempeng bumi. Namun masyarakat jangan khawatir karena resminya masih menunggu penentuan dari para peneliti Islam. Jika sudah ada kepastian maka pihaknya berjanji akan segera menyosialisasikan sampai ke pelosok desa. Menurut KH Ahmad Mukriaji, masjid yang sekarang ada masih benar sehingga masyarakat jangan takut solatnya tidak sah.

Sementara itu, Ketua PC NU Kabupaten Bogor Ramdoni meminta masyarakat tidak resah akan adanya pergeseran arah kiblat, karena pada hakikatnya arah solat berdasar pada keyakinan masing – masing.

Kedua tokoh agama itu juga mendesak para ahli astronomi segera membahas permasalahan arah kiblat karena hal itu merupakan persoalan mendasar akidah umat Islam. Salah satu cara mencari solusinya PB NU hari ini akan menggelar seminar membahas ketepatan posisi Kiblat.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: