jump to navigation

Panitia Seleksi ketua KPK akan bersungguh-sungguh mencari pimpinan lembaga pendekar pemberantas korupsi. Agustus 26, 2010

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Tujuh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi – KPK  yang lolos ke tahap berikutnya,   adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sultan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid,  Advokaat Melli Darsa,  Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPD RI I Wayan Sudiarta, dan advokat Bambang Widjojanto, menjalani tes wawancara  dihadapan Panitia Seleksi – Pansel ktua Komisi Pemberantasan Korupsi – KPK .  Dari jumlah itu, akan dipilih dua calon untuk diajukan ke DPR RI.

Menkumham Patrialis Akbar, saat berada di Bogor,  mengatakan seluruh mekanisme penyeleksian akan dilakukan panitia seleksi- pansel yang langsung dipimpinnya.  Dalam proses itu pihaknya akan berunding dengan 13 anggota pansel lainnya untuk mendapatkan figur ketua KPK yang sesuai dengan keinginan rakyat, sebab tanggung jawab berat dalam memberantas korupsi.  Figur ketua KPK terpilih,  akan sangat menentukan kredibilitas Pansel, maka,   seluruh kemampuan dan reputasi penyeleksi dipertaruhkan  Menurut Patrialis Akbar , semua  kriteria calon telah memenuhi persyaratan,  tinggal saja  masyarakat diminta bersabar menunggu tahapan berakhir.

Menanggapi proses itu,  Praktisi hukum Egi Sudjana menilai ada yang harus dicermati dalam penyeleksian seperti tim Pansel yang harus benar benar Independent sehingga jangan sampai ada pesanan ketua KPK dari pihak tidak bertanggungjawab.  Selain itu,  DPR RI juga harus punya keberanian  menolak usulan 2 nama calon,   jika dinilai meragukan dalam  memberantas korupsi.

Pemberantasan korupsi Sudah menjadi keinginan   seluruh komponen bangsa, sehingga dalam memilih pimpinan KPK harus yang benar-benar bersih dan terpercaya. Sebab tandas Egi Sudjana bila tidak dilakukan,  masyarakat akan tambah antipati terhadap hukum dan pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: