jump to navigation

Biaya berobat ke Puskesmas di Kabupaten Bogor naik hingga 50 persen. Oktober 11, 2010

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Kenaikan biaya pengobatan di Puskesmas – Puskesmas tampaknya  tidak bisa dihindari, karena adanya kenaikan harga beberapa komponen, sudah harus disesuaikan. Hal itu lah yang saat ini dibahas Panitia Khusus – Pansus 2 DPRD Kabupaten Bogor dalam penyusunan raperda Retribusi Kesehatan.

Ketua Pansus  2 – Eko Saiful Rohman mengatakan, sejak tahun 2003 Retribusi Kesehatan tidak pernah dinaikan, padahal hampir seluruh komponen pendukung lainnya sudah melonjak naik. Selain itu Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor saat ini sedang membangun Laboratorium secara menyeluruh di Puskesmas-Puskesmas. Menurut  Eko, tingkat kenaikan retribusi pelayanan kesehatan akan bervariatif seperti biaya pendaftaran yang naik dari 3 ribu dari 5 ribu rupiah. Ditambahkan Eko, pihaknya terus berupaya agar kenaikan itu tidak terlalu membebani masyarakat terutama yang tidak mampu sebab penyesuaian ini dikenakan bagi mereka yang mampu, sedangkan yang tidak mampu masih bisa menggunakan Jamkesmas dan Jamkesda atau  Surat Keterangan Keluarga Miskin – SKKM untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.


Lebih lanjut politisi PKS itu menegaskan, kenaikan harga retribusi Kesehatan harus seimbang dengan kinerja Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada warga, sebab puskemas merupakan sarana kesehatan yang paling diminati di pedesaan.  Disamping itu permasalahan kesimpang siuran data Jamkesmas dan Jamkesda juga harus dibenahi aparatur pemerintahan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: