jump to navigation

Komisi A DPRD Kabupaten Bogor mendesak pelaksanaan sistem pelelangan E Proc secara menyeluruh. Oktober 17, 2010

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Pernyataan Kementrian Pekerjaan Umum yang menilai belum optimalnya  Sistem Pelelangan E Proc di Kabupaten Bogor, mulai menuai reaksi.  Seperti diberitakan sebelumnya Kementrian  PU menginginkan pelaksanaan E Proc segera diberlakukan secara menyeluruh sesuai Peraturan Presiden – Perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan.  Selama ini proses tender   di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Bogor masih dilakukan  secara  konvensional artinya dalam tahapan lelang  peserta lelang  saling bertemu di satu tempat.  Cara seperti itu,  Justru rentan terjadinya   aksi premanisme. Maka,  dengan sistem  E Proc, pihak-pihak yang terkait dengan tender proyek tidak perlu lagi  bertemu langsung, karena prosesnya dilakukan melalui Internet.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor Junaedi Sirait mengakui E Proc belum berjalan  sempurna, namun dengan adanya peraturan yang baru itu,  mau tidak mau harus diimplementasikan secara menyeluruh di semua proyek pengadaan.  Terlebih dalam proses pelelangan kerap diwarnai keributan yang berakibat pada jatuhnya  korban jiwa.  Menurut Junaedi Sirait setiap Institusi di Negera ini baik pusat maupun daerah terikat pada aturan,  sehingga sudah seharusnya dilaksanakan   tanpa menunggu perintah Kepala Daerah. Apabila peraturan itu, tidak diterapkan, Instansi Unit Layanan Pengadaan bisa terkena sangsi pidana.


Untuk mendukung diterapkannya  sistem  E Proc  secara menyeluruh di Kabupaten Bogor DPRD setempat   akan melakukan pembahasan tentang  pelaksanaan dan aturan mainnya yang  dituangkan dalam Peraturan daerah – Perda.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: