jump to navigation

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bogor Iwan Setiawan menduga ada permainan harga cabe di tingkat tengkulak. Januari 4, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Semakin pedasnya harga cabe di pasar Kabupaten Bogor mendapat perhatian serius wakil rakyat. Berdasarkan pantauan RRI Harga Cabe di tingkat eceran masih tinggi dengan kisaran 60 sampai 80 ribu rupiah per kilogram. Kondisi itu membuat konsumen komoditas itu gemas. Ketua Komisi B DPRD Kab Bgr Iwan Setiawan mengaku tidak habis pikir kenapa harga cabai bisa melambung tinggi bahkan mengalahkan harga komoditas lain seperti daging. Terlebih kenaikan itu belum tentu dinikmati petani yang susah payah menanam, sebab bisa saja ada permainan harga ditingkat pedagang besar atau tengkulak. Kecurigaan itu didasari selama ini belum pernah harga cabai naik sampai angka tinggi.

Menurut Iwan Setiawan panjangnya jalur distribusi merupakan salah satu faktor penyebab kenaikan. Selama ini pasokan cabai di bumi tegar beriman berasal dari jawa tengah dan jawa barat. Seharusnya pemda setempat mendirikan pasar induk untuk menampung sembako dari luar daerah. Sehingga pedagang eceran atau konsumen bisa langsung berbelanja ke pasar induk dengan harga terjangkau, tidak seperti sekarang dimana harga cabai sudah masuk dalam pasar bebas.

Menyikapi kenaikan harga Kasie Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop Kabupaten Bogor Azis menjelaskan pihaknya terus memantau harga seluruh sembako, khusus cabai ini terjadinya kenaikan harga disebabkan daerah penghasilnya di wilayah magelang masih terkena abu merapi sehingga gagal panen. Selain itu cuaca ekstrim juga mempengaruhi hasil panen.

Komentar»

1. Teguh - Januari 9, 2011

Dijual cepat Cabe Merah kwalitas baik
Harga MURAH Rp 30.000/kg dengan Minimal pembelian 1 Ton atau 1000kg
berminat hubungi Saya
serba_bingung@yahoo.co.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: