jump to navigation

IPB memperkirakan harga cabe masih tetap tinggi hingga dua bulan ke depan. Januari 10, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Meroketnya harga cabe  awal tahun ini mendapat perhatian serius Institut Pertanian Bogor-IPB , dengan  melakukan penelitian langsung ke lapangan. Pantauan RRI harga cabe di beberapa pasar di Bogor masih terbilang tinggi berkisar antara 60 sampai 70 ribu rupiah per kilogramnya . Peneliti Departement Agronomi dan Holtikultura IPB- Prof Sriyani menjelaskan tingginya harga cabe saat ini lebih dikarenakan cuaca ekstrem dan adanya penyakit yang menyebabkan produksi cabe nasional menurun dalam tahun ini. Data Badan Pusat Statistik-BPS produksi cabe nasional tahun 2009 mencapai 1,3 juta ton sedangkan konsumsi 1,2 ton, artinya produksi cabe surplus dari 152 Varietas yang ada di Indonesia.
Lebih lanjut peneliti IPB lainnya  DR Syukur mengatakan saat ini sangat sulit menurunkan harga jual cabe karena produksi komoditas itu akan kembali normal pada 3 bulan kedepan. Sehingga harga cabe akan tetap tinggi selama 2 bulan kedepan.
Menurut Syukur untuk mengatasi gejolak tersebut tidak  bisa   tergesa-gesa , tetapi  memerlukan waktu lama , mulai dari hulu sampai hilir.  Para petani cabe harus mengatur masa dan pola tanam disesuaikan iklim didaerah sekitar.   Sedangkan  pemerintah sebagai regulator harus juga mengatur kawasan sentra produksi agar tidak fluktuasi hasil panen , serta harus ada pemetaan wilayah holtikultura. Disamping itu konsumen juga harus mulai merubah pola pikir  menggunakan cabe kering yang lebih tahan lama dan tidak mudah terserang hama.

Komentar»

1. waluya suprihartono - Januari 14, 2011

Wah, hebat. Aq ising2 searching menemukan ini. Komennya: good job deh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: