jump to navigation

3 Bencana puting beliung terjadi saat awal pendirian Badan Penanggulangan Bencana Daerah – BPBD Kabupaten Bogor. Januari 14, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Badan Penanggulangan Bencana Daerah – BPBD Kabupaten Bogor, sedang  berkonsentrasi pada penanganan korban angin puting beliung di 3 wilayah kecamatan  sekaligus.  Wilayah tersebut  meliputi Desa Ciadeg Kecamatan Cigombong, Desa Muara Jaya Kecamatan Caringin dan Kecamatan Bojong Gede. Dari Pantauan RRI di  Gedung baru BPBD yang berlokasi  di Komplek Setu Cikaret Cibinong Kabupaten Bogor, nampak kesibukan petugas  mempersiapkan bantuan dan alat evakuasi bagi korban bencana alam. Sebagian personil lainnya terlihat  membenahi peralatan kantor.  Kepala Bidang Tanggap Darurat dan Logistik BPBD setempat Lukman Hakim mengakui konsentrasi personilnya,  memang sedang terpecah antara pembenahan dan penanganan korban.  Untuk penanganan korban di tiga Lokasi , pihaknya menerjunkan petugas Tim Reaksi Cepat – TRC yang hingga saat ini  masih bersiaga mengantisipasi dari kemungkinan bencana susulan sekaligus memberikan bantuan berupa bahan makanan dan alat kebersihan.

Menurut Lukman Hakim,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah –  BPBD yang baru terbentuk awal pekan ini, kedepannya akan  menjadi ujung tombak dalam menangani bencana alam.  Dalam kondisi apapun, setiap hari nya diberlakukan piket siaga bencana, maka  jika terjadi bencana dapat  langsung berkoordinasi dengan petugas lain,  agar  secepatnya mencapai tempat kejadian.

Dalam penanganan korban bencana, BPBD Kabupaten Bogor  masih terkendala teknis seperti peralatan transportasi dan evakuasi serta komunikasi karena  masih menggunakan inventaris Kesbang Linmas.  Untuk menghadapi rawan bencana  terlebih memasuki musim penghujan seperti sekarang ini,   perlu  adanya  peremajaan dan penambahan peralatan pendukung.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: