jump to navigation

Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sedang menyusun raperda pengaturan menara bersama telekomunikasi untuk menghindari menjadi wilayah hutan baja. Januari 14, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Saat ini keberadaan menara telekomunikasi provider telepon selular di Kabupaten Bogor sudah tidak terbendung lagi, kondisi itu berdampak pada semakin semrawutnya penempatan pembangunan dengan mengabaikan konsep tata ruang. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bogor Yosef Hermawan mengatakan kebutuhan Rancangan Peraturan Daerah Raperda Pembangunan Menara Bersama Telekomunikasi merupakan implementasi Surat Keputusan Bersama – Skb  4 menteri kominfo, mendagri, menhub, menpan tahun 2009. Selain itu peraturan itu akan menghindari daerah dari serbuan pendirian menara sehingga menjadi hutan baja. Berdasarkan data Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor sedikitnya ada 750 bangunan menara yang mempunyai ijin, sedangkan fakta dilapangan masih banyak lagi menara yang tidak berijin. Nantinya hanya ada satu menara untuk seluruh provider telekomunikasi yang tentunya akan menghemat penggunaan lahan. Menurut Yosef Hermawan nantinya raperda itu akan mengatur letak pembangunan menara menurut tata ruang dan lalulintas jaringan udara. Sehingga tidak akan menggangu jaringan sinyal komunikasi lainnya. Seperti menara telekomunikasi tidak boleh berada disekitaran Lanud Atang Sanjaya.

Diskominfo juga menjamin jika pemberlakuan raperda sudah berlaku mengikat maka pihaknya akan membongkar menara yang tidak sesuai ketentuan.
Komentar tentang pembangunan menara bersama telekomunukasi itu mendapat sambutan hangat Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor Ade Munawaroh yang mengganggap raperda itu akan menyelesaikan semrawutnya jaringan telekomunikasi. Dalam pembahasan panitia khusus akan diundang ahli telekomunikasi untuk menerangkan jangkauan daya pancar sinyal menara sehingga nantinya akan jelas titik koordinaat mana yang diperbolehkan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: