jump to navigation

Lapas menjadi sarang penyebaran penyakit TBC Januari 23, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Tuberkolosis masih menjadi penyakit yang membahayakan di Kabupaten Bogor. Buktinya setiap tahun angka pengidap terus bertambah, untuk tahun lalu hampir 4000 orang terjakit TBC. Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Kebersihan Lingkungan Dinas Kesehatan Lis Wulandari mengatakan untuk menekan TBC pihaknya dibantu kader  Perkumpulan pemberantasan tuberkolosis indonesia, yang rutin memberikan sosialisasi dan menemukan pengidap TBC untuk dilakukan pencegahan penyebaran. Tindakan pencegahan itu terbilang cukup berhasil dengan tingkat kesembuhan mencapai 90 persen lebih. Untuk di Kabupaten Bogor sendiri ada beberapa kecamatan yang menjadi daerah penyebaran TB mencapai 80 persen lebih antara lain Citeureup, Babakan Madang, Jonggol, Dramaga, Ciomas, Parung Panjang, Leuwiliang, Jasinga. Disamping itu Dinkes juga memantau persebaran TBC di Lembaga Pemasyarakatan yang dinilai mempunyai penyebaran cepat.

Menurut Lis Wulandari jika ada orang pengidap didalam satu sel maka dengan cepat menyebar ke teman satu sel yang rata – rata terdapat sedikitnya 8 penghuni. Untuk melakukan pencegahan dinkes telah mengutus puskesmas terdekat dengan lapas Pondok Rajeg untuk menjadi pemantau minum obat napi.

Lebih lanjut Lis Wulandari menjelaskan jika ada masyarakat yang batuk sampai 3 minggu tidak sembuh maka segera membawa ke puskesmas atau rsud terdekat untuk mendapat pemeriksaan secara intensif.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: