jump to navigation

Saksi dari kalangan Ahmadiyah, berbelit-belit dalam memberikan kesaksiannya pada sidang lanjutan kasus pengrusakan perkampungan Jamaat Ahmadiyah di Cisalada Ciampea Kabupaten Bogor. Februari 2, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Sejumlah fakta terungkap dalam lanjutan sidang kasus pengrusakan pemukiman  Jemaat Ahmadiyah Ciampea di Pengadilan Negeri Cibinong saat menghadirkan 3 saksi dari kalangan Ahmadiyah Edi Khumaedi, Roni Saputra dan Ivan Nauli.   Dalam kesaksiannya mereka  berbelit – belit menjawab pertanyaan, bahkan ketiga saksi  sempat beberapa kali mendapat teguran dari   Majelis Hakim Pengadilan Negeri  Cibinong yang diketuai Astriawati.  Seperti saat saksi menjawab pertanyaan apakah melihat ketiga terdakwa atas nama Aldi Novianto 22 tahun, Akbar Ramanda 17 dan Dede Nopianto 20 tahun melakukan aksi penyerangan, kesemua saksi tidak bisa menerangkan secara jelas sebab saat kejadian, dalam  keadaan gelap. Saksi-saksi  hanya bisa menjelaskan,  menangkap salah seorang terdakwa Akbar Ramanda yang kebetulan berada dilokasi kejadian.  Kesaksian itu meragukan, karena ketiga saksi tidak secara pasti, apakah terdakwa ikut melakukan pengrusakan. Menurut Ketua tim kuasa hukum Syam Awaludin Seharusnya ada barang bukti yang memperkuat keberadaan terdakwa seperti rekaman video atau foto.  Tetapi jika  tidak dapat  menunjukkan bukti dimaksud,   keterangan saksi dianggap sumir.

Kuasa hukum pun  mempermasalahkan pemukulan yang dilakukan jemaat Ahmadiyah  sebelum terdakwa diamankan  dirumah salah seorang jemaat di kampung Kebonkopi desa Ciampea Udik kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, saat kejadian  2 Oktober 2010 lalu.  Pihak kuasa hukum, tegas  Syam Awaludin,  akan menghadirkan saksi pembanding dari luar kalangan Ahmadiyah seperti Majelis Ulama Indonesia untuk memberikan kejelasan  bahwa aliran itu sudah dilarang.  Sidang berikutnya, digelar   9 February mendatang,  dengan agenda masih meminta keterangan saksi.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: