jump to navigation

Terdakwa M Lukman merasa dikorbankan setelah di vonis 1 tahun penjara dalam perkara pengadaan lahan Ciomas. Februari 7, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cibinong diketuai Sudaryadi memutuskan terdakwa Mantan Kadisdik Kabupaten Bogor M Lukman yang tersangkut kasus korupsi pengadaan lahan SMA Negeri 1 Ciomas dengan putusan 1 tahun penjara.  Dalam amar putusannya majelis hakim mendakwa M Lukman dengan pasal berlapis Undang – undang No.31 th 99, dan UU 20 th 2001 tentang pemberantasan korupsi.  Terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sehingga merugikan keuangan negara sebesar 393 juta rupiah, sesuai hasil Audit BPK.  Hal itu disebabkan adanya perbedaan harga yang dibayarkan, dari keuangan negara 1,9 Milyar untuk lahan seluas 1 Hektar,  ternyata yang dibayar kepada masyarakat hanya 600 juta lebih  sehingga ada selisih 1,2 Milyar yang tidak jelas pertanggung jawabannya.

Vonis 1 tahun terhadap M Lukman didasari berbagai pertimbangan, pertama yang memberatkan adanya kerugian negara dan menghalangi pemberantasan korupsi.  Sedangkan yang meringankan selama persidangan terdakwa berlaku sopan dan telah mengabdi sebagai PNS puluhan tahun.  Menanggapi putusan tersebut, terdakwa M Lukman mengaku tidak terima dan merasa dikorbankan. Karena pada saat terjadinya kasus itu ia sedang melakukan kunjungan kerja di luar kota.  Menurut Lukman seharusnya tidak hanya dirinya yang disidangkan karena ada beberapa pejabat yang saat itu mengetahui selain Kapala Bagian TU, juga Kepala Dinas dan Kuasa Pemegang Anggaran.

Berdasarkan kondisi itu M Lukman beserta kuasa hukumnya langsung mengajukan banding, sedangkan Jaksa Penuntut Umum masih pikir – pikir.
Sementara itu Majelis Hakim juga memutus terdakwa Ciomas Gate lainnya Edi Anang Syahrani dengan hukuman 2 tahun 6 bulan dan denda 50 juta rupiah. Sedangkan terdakwa mantan Camat Ciomas yang kini menjadi Camat Cibinong – Rudi Gunawan dan Akay akan divonis pada Sidang di Pengadilan Negeri Cibinong.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: