jump to navigation

Pemerintah Kabupaten Bogor merancang pembuatan Perda Larangan Penebangan Pohon. Maret 18, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Untuk menekan angka penebangan pohon dan pembalakan liar yang kini semakin marak sekaligus mencegah terjadinya Pemanasan Global atau Globang Warming yang lebih parah, Bupati Bogor merancang pembuatan Paraturan Daerah – PERDA Larangan Penebangan Pohon.

Rencana tersebut disampaikan Bupati Bogor – H. Rachmat Yasin saat melakukan penanaman pohon penghijauan Program Pabuaran Hijau di Tempat Pemakaman Umum – TPU Batu Bongkok Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong.

Menurut Rachmat Yasin, sekarang ini orang dengan seenaknya melakukan penebangan pohon dan  pembalakan liar. Untuk itu, melalui Perda Larangan Penebangan Pohon yang sedang dirancang ini, tandas Rachmat Yasin, dimaksudkan untuk menjaga sekaligus melestarikan lingkungan dan kawasan hutan, sehingga kedepan tidak ada lagi penebangan pohon dan pembalakan liar.  Karena setiap orang yang akan menebang pohon harus se izin Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabuaten Bogor.

Sedangkan untuk mempercepat proses RehabilitasiLahan Kritis yang tengah digalakkan, kebijakan yang pernah dilakukan Bupati Eddy Yoso Martadipura, setiap pasangan Calon Pengantin yang akan melakukan Akad Nikah harus memabawa dua bibit pohon untuk ditanam rumahnya akan diberlakukan kembali.  Bahkan buka hanya itu, setiap bayi yang baru lahir dan orang tuanya mengurus pembuatan Akte Kelahiran diwajibkan membawa satu batang pohon untuk ditanam dipekarangan rumahnya masing-masing.

Sementara itu Lurah Pabuaran – Fikri menjelaskan, dilaksanakannya Program Pabuaran Hijau diilhami panasnya suhu udara  di Wilayah Cibinong yang terasa sudah semakin menyengat.

Gerakan Penghijauan di awali dengan penanaman seribu 762 pohon Albasia, Sengan dan Trembesi di atas Lahan TPU Batu Bongkok seluas 5 hektar dari 16 ribu pohon yang akan ditanam secara bertahap di seluruh wilayah desa Pabuaran Cibinong Kabupaten Bogor.

 

 

Komentar»

1. Anak singkong - April 13, 2011

assalamuallaikum wr.wb

saya sangat senang menlihatnya ada penanaman ribuan bahkan mungkin jutaaan pohon di daerah kami…dan kami mengharap bukan cuma untuk menanamnya tapi penting sekali bagaimana merawatnya,,,tanam satu kali merawat untuk selamanya,,,yang kami dapat lihat cuma menanam…siapa nanti yang merawatnya apakah sudah anda pikirkan????…mudah mudahan kita semua dapat merawatnya…amien ” Tanamkan Ahlak Kita Dari Dini Dan Menjaga Ahlak Yang Baik Hingga Akhir nanti ” seperti kita menjaga kelestarian alam ini….

salam hormat kami
keluarga kp pabuaran


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: