jump to navigation

Pengusaha galian C di Gandoang Cileungsi Kabupaten Bogor terancam dilaporkan ke Mabes Polri, karena diduga merusak lingkungan. April 1, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Setelah keluar surat rekomendasi dari Kementrian Lingkungan Hidup agar Bupati Bogor, menutup kegiatan  penambangan pasir galian C yang dikelola dua perusahaan penambangan PT.AGB dan CV SCA, kini kedua perusahaan pertambangan itu, terancam dilaporkan ke Mabes Polri karena  merusak lingkungan. Dalam surat itu, disebutkan  dua perusahaan pertambangan galian C di  desa Gandong Kecamatan Cileubngsi Kabupaten Bogor, terindikasi merusak lingkungan sesuai Undang – undang nomer 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup . Bahkan dalam UU lingkungan tersebut , selain gugatan perdata, bagi perusak lingkungan juga dapat diancam pidana.

Kementrian Lingkungan Hidup, menuding kedua perusahaan tersebut, melakukan pelanggaran ekspolari di areal pertambangan gaklian C selaus 9 hektar.  Selain itu dilokasi penambangan juga ditemukan pemotongan sumber mata air bawah tanah jadi menyebabkan berkurangnya pasokan air penduduk. Terlebih perusahaan itu tidak melakukan pengolahan limbah sehingga ada endapan lumpur setebal 25 hingga 30 M2.

Berdasarkan kondisi itulah masyarakat di sekitar pertambangan,  marah dan mendesak Bupati Bogor Rahmat yasin segera mencabut ijin pertambangan galian C.  Salah seorang tokoh masyarakat setempat Nur wahid ketika di temui RRI,  mengatakan selain pencabutan ijin, warga juga berharap agar kedua perusahaan pertambangan, dikenakan sangsi hukum karena eksplorasinya terbukti merusak lingkungan.

Hal senada juga disampaikan , Wakil rakyat , Eko Saeful Rohman dari Komisi C DPRD  Kabupaten Bogor.  Menurut Eko Saeful,  ia sangat setuju bila penegakan hukum terhadap perusak lingkungan  dipercepat.

Bahkan pemberian Ijin pertambangan  Daerah –SIPD, yang telah dikeluarkan bisa dikaji ulang terutama pemberia ijin pertambangan di wilayah  Cileungsi.

Sementara itu  menyikapi rekomendasi Kementrian Lingkungan Hidup,Bupati Bogor Rahmat Yasin berjanji akan mencabut ijin dan menutup galian C bermasalah itu.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: