jump to navigation

Ahli Hama IPB Profesor Aunur Rauf, menduga serangan hama ulat bulu yang terjadi di Probolinggo Jawa Timur, dampak dari erupsi Gunung Bromo. April 9, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Tim Peneliti Institut Pertanian Bogor – IPB sudah melakukan analisa lapangan sekaligus memeriksa spesies ulat  bulu yang menyerang sejumlah kecamatan di Probolinggo Jawa Timur.  Ahli Hama IPB Professor Aunur Rauf mengatakan ulat bulu  tersebut   tergolong jenis baru, karena  tidak ada penjelasan pada nomenklatur sebelumnya, bahkan tidak ada jejak sejarah penyebaran ulat dari jaman penjajahan Belanda.  Dari hasil penelitian, ditemukan   beberapa kemungkinan penyebaran ulat bulu di Probolinggo, namun yang terbesar berasal dari Gunung Bromo,  terlebih daerah itu belakangan ini sedang mengalami masa erupsi, sehingga menyebabkan terjadinya migrasi  kupu – kupu ke kawasan penduduk.  Apalagi kupu – kupu jenis ini  biasanya  keluar pada  malam hari dan tertarik pada cahaya lampu  yang terdapat di  rumah-rumah penduduk.

Berdasarkan hal itu lah maka terjadilah persebaran apalagi musuh alami pemakan ulat sudah mengalami penurunan jumlah, maka terjadilah ledakan populasi.  Menurut Aunur Rauf saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemusnahan hama ulat karena dalam minggu ini akan menjadi kepompong. Untuk mengatasinya,  Warga harus mengumpulkan kepompong ke dalam botol plastik, jika ternyata ulat itu menjadi kupu – kupu maka bisa dimusnahkan.  Tetapi apabila  menjadi lebah harus dikembalikan ke alam agar tercipta keseimbangan alam.

Sedangkan ulat bulu yang dilaporkan juga menyerang beberapa daerah diluar Probolinggo kuat dugaan bukan jenis hama yang sama. Sebab Ulat itu mempunyai ciri – ciri fisik yang berbeda.  Masyarakat jangan khawatir sebab ulat itu hama biasa dan dapat hilang dengan sendirinya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: