jump to navigation

Badan Lingkungan Hidup mengakui , ada dugaan sumur warga Nanggewer tercemari limbah B 3 pabrik kabel sutra sehingga bisa dipidanakan. Mei 6, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Persoalan pencemaran Instalasi Pengolahan Air Limbah pabrik Kabel Sutra terhadap  puluhan sumur warga di Nanggewer Cibinong Kabupaten Bogor mendapat perhatian serius Pemerintah Daerah . Badan Lingkungan Hidup – BLH melakukan uji laboratorium terhadap sampel air sumur yang berwarna keruh dan beberapa contoh limbah dari 6 pabrik disekitar kawasan itu. Peneliti BLH – Sugeng mengatakan , saat ini pihaknya sedang menunggu hasil laboratorium secara resmi ,   paling lambat  3 minggu kedepan. Selama ini ada dugaan sumur warga tercemar  zat kimia berbahaya – Bromsong  yang biasa digunakan untuk mengkilatkan kabel.  Zat tersebut  sangat berbahaya bila masuk kedalam sumur warga ,  karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, bahkan mengakibatkan  kematian jika dikonsumsi dalam  jangka waktu  lama.


Sebelumnya warga sekitar  telah geram dengan  pabrik yang telah membuat derita berkepanjangan, Bahkan salah seorang warga Tamami menjelaskan ada usaha menghilangkan barang bukti dari perusahaan dengan menguras sumur warga dan membuang ke solokan. Menyikapi kondisi itu Anggota DPRD Kabupaten Bogor – Edison Hutahean mengaku terkejut dengan adanya temuan itu, sehingga Pemda harus cepat mengambil tindakan bila perlu dengan menutup pabrik , jika  terus – menerus mencemari sumur warga. Dalam kasus ini aparat penegak hukum harus turun tangan dengan menyelidiki tindak pidana yang dilakukan pabrik Kabel Sutra.


BLH juga didesak untuk segera mengambil tindakan agar bisa menyelesaikan permasalahan itu sekaligus membawa ke ranah pengadilan jika terbukti ada pelanggaran pidana.

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: