jump to navigation

Buruh PT Iwata Bogor berdemo menuntut kenaikan gaji. Mei 30, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Ratusan karyawan Sebuah pabrik Manifaktur PT.IW , melakukan aksi demo menuntut   kenaikan upah yang selama ini dibawah UMR – Upah Minimum Kabupaten Bogor. Salah seorang pekerja  Ucup Supriadi , usai aksi demo di kantor pabrik setempat  , mengatakan sejak  bekerja tahun 2006 tidak pernah mendapat gaji memenuhi standar UMK.Para pekerja hanya  mendapat penghasilan 900 ribu padahal UMK saat ini sudah mencapai 1 juta 100.  kenyataan ini membuat pekerja tidak bisa mentolelirnya. Terlebih lagi , pihak Perusahaan tidak memberikan asuransi Jamsostek dan memperkerjakan pegawai kontrak lebih dari 6 tahun

Menyikapi kondisi itu Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bogor Sumarli menegaskan pihak perusahaan tidak boleh bertindak sewenang – wenang dengan melanggar hak normatif buruh yang telah tertuang dalam undang – undang nomer 13 tahun 2003.tentang ketenagakerjaan. Disamping itu Pengawasan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga harus ditingkatkan . Seharusnya mereka lebih proaktif menjembatani keluhan pekerja.

Sumarli juga menyesalkan sikap  perusahaan yang melarang pekerja untuk menyampaikan aspirasinya, sebab semua warga negara berhak bersuara dan berkelompok.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: