jump to navigation

Ketua Kadin Kabupaten Bogor TB Nasrul mengatakan Adanya pelarangan impor sapi dari Australia harus menjadi keuntungan bagi peternak meningkatkan produksi. Juni 9, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Pelarangan impor sapi dari Australia ke Indonesia bukan suatu yang harus diratapi, sebab banyak daerah lain di Nusantara yang mempunyai potensi besar menjadi sumber sapi potong. Pantauan RRI pelarangan itu memang tidak berdampak signifikan bagi penjualan daging sapi di Kabupaten Bogor. Salah seorang pedagang di Pasar Cibinong Yayad mengaku harga jual daging sapi masih tetap stabil di kisaran 58 ribu sampai 60 ribu per kilo gram. Seluruh pasokan daging yang diperolehnya berasal dari daerah pesisir utara pulau jawa dan dipotong di rumah potong hewan, sehingga pembeli tidak perlu khawatir kualitas yang dihasilkan. Selain itu selama ini pembeli jarang sekali mencari daging Impor karena kebanyakan di jual dalam kemasan.

Menanggapi hal itu Ketua Kadin Kabupaten Bogor TB Nasrul menjelaskan adanya pelarangan impor sapi dari Australia justru akan menguntungkan peternak dan penjual sapi lokal karena bisa lebih mengusai pasar.

Sedangkan adanya perbedaan harga jual sapi Impor yang cenderung lebih murah ketimbang sapi lokal menurutnya harus ada regulasi pemerintah pusat dan daerah yang berpihak kepada pengusaha lokal seperti memberikan kredit lunak dengan bunga rendah dan waktu pengembalian yang lama.

Sementara itu komentar juga datang dari Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor- Hj. Nurhayanti yang mengaku pemda sudah menyiapkan langkah untuk menyambut momentum itu dengan program swasembada daging 2014. Wujud nyatanya saat ini sedang dikembangkan peternakan sapi seluas 1000 hektar di wilayah Timur. Sehingga Pemkab memasukan program itu dalam RPJMD Provinsi Jawa Barat tahun 2008 – 2013 untuk daerah penghasil daging olahan.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: