jump to navigation

Ribuan warga Gandoang Cileungsi Kabupaten Bogor berdemo menuntut penutupan tambang Galian Pasir. Juni 19, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Warga Gandoang Cileungsi Kabupaten Bogor terus menyuarakan tuntutannya untuk menutup 2 perusahaan penambangan Galian C atau galian pasir di sekitar pemukiman mereka. Kali ini ribuan warga yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Warga Peduli Lingkungan – FKWPL kembali mendatangi kawasan tambang dengan menyuarakan tuntutan yang sama.

Ketua FKWPL Nur Wahid menegaskan, warga tetap mendesak Pemerintah Kabupaten Bogor untuk segera menutup total aktivitas pertambangan yang dinilai merugikan masyarakat. Selama ini warga mengeluhkan kekurangan air bersih karena pertambangan itu diduga memutus sumber mata air daerah sekitar; belum lagi polusi udara dan suara bising dari mesin pertambangan yang membuat warga tidak nyaman. Menurut Nur Wahid, kali ini pihaknya akan bertahan di lokasi pertambangan dan bila perlu menginap sampai perusahaan pertambangan itu ditutup.


Berdasarkan catatan RRI, selama ini sudah ada 2 kali surat rekomendasi Kementrian Lingkungan Hidup diterbitkan untuk menutup galian tersebut karena ditengarai merusak lingkungan; bahkan Bupati Bogor Rahmat Yassin telah juga menutup sementara galian itu selama penelitian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, namun upaya tersebut tidak mampu mencegah operasional perusahaan penambangan. Selain itu, warga juga sudah melaporkan kasusnya kepada aparat kepolisian yang saat ini masih dalam penyelidikan Unit 1 Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: