jump to navigation

Cegah tindakan melawan hukum, BPMPD Kabupaten Bogor mengusulkan diklat Aparatur Desa Juni 23, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Banyaknya kasus hukum yang membelit Kepala Desa seperti penyalahgunaan narkoba dan permasalahan tanah ataupun tindak asusila, menjadi perhatian tersendiri bagi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa – BPMPD yang membawahinya.  Salah satu bentuk perhatian berupa pengusulan penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan – Diklat  bagi para Kepala Desa.  Kepala BPMPD Kabupaten Bogor – Endang Basyumi mengatakan, saat ini pihaknya kesulitan dalam mendeteksi perilaku moral Kepala Desa yang berasal dari berbagai latar belakang. Saat ini semua orang berhak maju dalam Pemilihan Kepala Desa – Pilkades sehingga berdampak pada mutu dari pimpinan di daerah, padahal sebagai pejabat terkecil mereka juga berkewajiban mengayomi masyarakat untuk meningkatkan pembangunan.

Menurut Endang Basyumi untuk mencegah tindakan melawan hukum maka setelah terpilih maka sebelum menjabat Kepala Desa harus masuk dalam diklat yang didalamnya diberikan pengetahuan tentang administrasi pemerintahan dan etika moral. Diklat itu harus menjadi syarat untuk menduduki jabatan pimpinan di desanya.

Menyikapi hal itu Ketua Banlegda DPRD Kabupaten Bogor Usep Syaipulloh mengaku setuju, namun untuk menjalankan program itu diperlukan Peraturan Bupati untuk payung hukumnya.

Dengan adanya Diklatb itu maka akan ada kepercayaan masyarakat terhadap pimpinan di desanya sebab dalam kehidupan sehari – hari Kepala Desa lah yang menjadi tulang punggung dalam pelayanan publik.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: