jump to navigation

Gunung Pancar Babakan Madang Bogor kembali retak hingga sepanjang 200 meter. Juni 30, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Setelah sempat retak terbelah dua April lalu, kali ini Gunung Pancar  Babakan Madang Kabupaten Bogor kembali mengalami pergeseran tanah alias retak. Pantauan RRI di wilayah itu nampak jelas penurunan tanah dan keretakan dari mulai lokasi pemandian hingga beberapa ratus meter. Paling dominan keretakan terjadi pada sekitar bangunan pemandian mulai dari undak – undakan tangga sampai ke bangunan yang rubuh akibat  pergeseran pondasi. Pengelola Pemandian air panas Agus menyebutkan, ada 2 wilayah yang sekarang mengalami pergeseran meliputi daerah tebingan di atas pemandian yang amblas sekitar 200 meter dan lokasi parkir motor yang juga turun tanahnya sedalam 60 meter.

Kemungkinan keretakan tanah itu diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi pada 2 hari terakhir ini dan tidak kuatnya tanah, terlebih tanah di sekitar retakan sebelumnya yang mencapai luas 2 hektar.

Tentang perkiraan dugaan hujan penyebab keretakan, juga dikemukakan salahseorang warga setempat, Wahyu. Menurutnya, selama ini kawasan Gunung Pancar memang terkenal labil karena sebagian besar terdiri dari tanah yang mengandung air.

Hingga berita ini dibuat, masyarakat hanya bisa menutup retakan itu dengan tanah agar tidak terjadi longsor susulan. Namun tetap saja warga cemas karena bisa mengakibatkan sejumlah kampung terkena longsoran tanah.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: