jump to navigation

Islam masuk ke Bogor pada abad 13 dengan damai. Juli 3, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Ajaran agama Islam masuk ke Bogor bersamaan dengan datangnya saudagar negri gujarat yang berniaga ke pulau jawa. Fakta itu terungkap saat Nahdatul Ulama Kabupaten Bogor mengadakan seminar bertemakan “ Napak Tilas Islam di Bogor yang mengundang Budayawan dan tokoh agama serta masyarakat di Gedung NU Cibinong 03/06. Budayawan Eman Sulaeman menjelaskan masuknya Islam ke Tatar Pasundan tidak melalui peperangan melainkan dengan dakwan dan pemberian sedekah kepada kaum tidak mampu. Cara itu sangat efektif mengambil simpati warga padahal di Bogor sudah ada ajaran leluhur dari Kerajaan Pakuan Pajajaran yang dipimpin Prabu Siliwangi. Diperkirakan Islam masuk pada abad 13 dan langsung berbaur dengan masyarakat, Salah satu tonggak sejarah yang menjadi tanda kejayaan Islam Prabu Siliwangi pernah menikahi gadis muslim.

 

Perkembangan masa kini banyak sekali ajaran agama Islam yang menyimpang bahkan adanya Islam Radikal sangat tidak sejalan dengan pendahulunya.

“adanya berbagai tindak terorisme tidak sejalan dengan ajaran Islam dari jaman dahulu sampai saat ini dan nanti, Islam suatu ajaran luhur yang tidak membedakan Ras dan Suku serta bangsa.” Tandas Eman Sulaeman.

Hal itu diamini Ketua PC NU Kabupaten Bogor Ramdoni, Bahwa sebagai generasi saat ini harus memahami sejarah agar tidak tersesat, terlebih dari NU mempunyai kewajiban menegakan kebenaran dan menolak angkara murka. “ Saat ini mempunyai kewajiban untuk meluruskan ajaran Islam yang benar, sebab dasarnya Islam merupakan Ajaran Rahmatan Lilalamin” Tegas Ramdoni.

 

Lebih lanjut Pengurus Cabang NU akan melakukan penelusuran jejak sejarah masuknya Islam ke Bogor dengan mendatangi situs atau makam para sesepuh, Untuk diteruskan dengan penerbitan buku sejarah Islam agar bisa dipelajari dan dipahami generasi selanjutnya.

 

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: