jump to navigation

Sebagian besar pemilik restoran di Kabupaten Bogor mengeluh harga gas Elpiji 50 Kilogram naik. Juli 7, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Pengusaha restoran harus merogoh koceknya lebih dalam untuk membeli gas elpiji 50 Kilogram karena Pertamina menaikkan harga jual dari 370 ribu hingga mencapai 420 ribu. Salah seorang pemilik rumah makan Rajibta di Cibinong Herry mengaku belum mendapat kabar adanya kenaikan gas secara resmi dari agen gas, karena mestinya ada sosialisasi dari Pertamina tentang kenaikan harga yang mencapai 20 persen. Setiap bulan pihaknya menghabiskan 4 sampai 5 tabung gas ukuran 50 Kilogram, sehingga adanya kenaikan itu sangat membebani operasional rumah makan.

Menurut Herry, pihaknya kemungkinan juga akan menyesuaikan harga makanan agar bisa menutupi ongkos produksi. Terlebih ada beberapa komponen bahan baku lainnya yang sudah merangkak naik. Sedangkan untuk beralih ke gas 12 Kg tidak bisa dilakukan karena sudah memasang instalasi secara permanen.

” harga bahan baku lain sudah naik, ditambah lagi gas, jadi mau ga mau kita memikirkan menaikan harga, namun tetap dengan melihat kemampuan konsumen juga.” tandas Herry

Pantauan RRI di beberapa restoran dan rumah makan besar belum ada gejolak kenaikan harga karena sebagian besar pemilik restoran belum belanja lagi gas 50 kg.

Berdasasarkan data Hiswana Migas, di daerah Bogor pelanggan gas 50 Kg memang dari kalangan Restoran dan Rumah Makan besar yang berkisar 20 persen dari total pelanggan.

Menyikapi kenaikan itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Diskoperindag Kabupaten Bogor Mamat Rahmat mengatakan, sedang memantau kenaikan gas 50 Kg termasuk kemungkinan beralihnya pengguna gas 50 Kg ke 12 Kg.

Dipihak lain, Mamat menjamin pasokan gas elpiji dari mulai 3 Kg, 12 kg dan 50 Kg sampai lebaran nanti, aman.

 

 

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: