jump to navigation

Vonis PTUN tentang Gandoang tertunda warga setempat geram. September 18, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Kasus hukum pencemaran lingkungan galian pasir Gandoang Cileungsi Bogor kian panjang, setelah sejak sekitar 6 bulan terakhir warga yang atas namakan Forum Komunikasi Warga Peduli Lingkungan – FKWPL menuntut 2 perusahaan galian PT SCA dan PT AGB menghentikan penambangan karena menyebabkan kerusakan ekosistem dengan hilang sumber mata air yang terpotong galian.

Selama ini persidangan di Pengadilan Tata Usaha Negara Provinsi Jawa Barat untuk memproses aduan 2 Perusahaan itu kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor karena membatalkan Surat Ijin Pertambangan Daerah – SIPD.

Namun hingga kemarin yang seharusnya sudah memasuki tahap putusan, tetapi masih tertunda di PTUN Bandung dengan alasan yang tidak jelas.

Ketua FKWPL Nur Hidayat menyebutkan sudah 3 kali vonis majelis hakim tertunda, saat ini mereka berasalan salah seorang hakim mengalami sakit dan ada juga yang sedang mengikuti rapat di Mahkamah Agung, sehingga vonis akan dilakukan tanggal 21 September 2011, mendatang.

Tentu saja alasan itu tidak bisa saja diterima karena sangat mengecewakan sebab warga  sudah datang jauh dari Bogor untuk mendapat kepastian hukum atas masalah yang mengakibatkan kekeringan, Apalagi ada kesan pelaksaan vonis itu ditunda – tunda dengan ketidak hadiran pihak perusahaan penambang .

” Vonis PTUN di banding kok ditunda terus yaah udah tiga kali loh, bahkan pihak pengusaha ga datang, Ada apa ini” Ujar Nur Hidayat

Warga juga kembali meminta Bupati Bogor arif dan bijaksana untuk segera menutup galian itu, karena surat penghentian sementara tidak efektif dengan membandelnya pengusaha yang masih beroperasi.

Selain itu proses hukum dari Kementrian Lingkungan Hidup juga diharapkan dipercepat dengan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Agung untuk dapat diadili secara pidana dengan tersangka pengusaha galian.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: