jump to navigation

Pemda Kabupaten Bogor janji naikan UMK buruh. November 12, 2011

Posted by sonasnews in Uncategorized.
trackback

Pembahasan menentukan Upah Minimum Kabupaten Bogor berlangsung alot antara Pemerintah dan Buruh. Sejak pagi 10/11 ribuan buruh dari 14 Serikat Pekerja sudah melakukan pertemuan yang dipimpin langsung Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturahman dan Sekda Nurhayanti.

Dalam pertemuan itu muncul perdebatan pada komponen UMK, yaitu Kebutuhan Hidup Layak – KHL terutama pada penetapan harga sewa kamar, Angka harga sewa kamar dari pengusaha sebesar 254 ribu, sedangkan usulan pekerja 323.438, sehingga pemerintah nilai tengah sebesar 289ribu.

Sedangkan untuk komponen harga pasar telah disepakati dilakukan survei di 4 pasar meliputi Cisarua, Cileungsi, Cibinong dan Leuwiliang. Sebagai acuan pembentuk UMK.

Dari seluruh komponen itu maka usulan UMK dari Buruh sebesar 1,340,000 atau naik 11 % dari UMK tahun lalu sebesar 1.172.000, Namun usulan itu pun juga dirasakan belum mencapai titik temu dari pihak perusahaan, sehingga pemerintah mengajukan angka 1,269 juta atau kenaikan KHL 8,3%.

Menurut Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturahman, pemda akan selalu berpihak pada kepentingan kaum buruh, sebab mereka mempunyai peran penting dalam mengembangkan perekonomian daerah.

Saat ini dengan jumlah total penduduk Kabupaten Bogor sebesar 4.7 juta jiwa masih 1,4 juta jiwa, sehingga bila Pemda tidak berpihak kepada buruh maka, bila terjadi PHK bisa menambah penduduk miskin.

” Pemda harus mendukung buruh, karena jika sampai mereka mengganggur maka akan menambah jumlah penduduk miskin.” Tegasnya.

Sementara itu Ketua SPN Kabupaten Bogor Nadi Harza menjelaskan buruh tetap bertahan pada angka 1.340.000 karena itu sudah menjadi tuntutan mendasar.
” Kami tidak menerima usulan pemerintah karena tuntutan kami sudah mutlak di angka 1.340.000″ Ungkapnya

Bila tuntutan itu tidak terpenuhi maka buruh akan menempuh dua jalur, hukum dan gerakan massa.
Jalur hukum seperti mempersiapkan gugatan ke Pengadilan, dan kembali menurunkan buruh untuk berdemo untuk memberikan dukungan.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: